2.1 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Beberapa Para Ahli 1. Soerjono Soekanto M

2.1 Pengertian Lembaga Sosial Menurut Beberapa Para Ahli
1. Soerjono Soekanto
Menurut Soerjono Soekanto, lembaga sosial adalah himpunan norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat.
2. Leopold Von Wise dan Howard Backer
Menurut Leopold Von Wise dan Howard Backer, lembaga sosial adalah jaringan proses hubungan antarmanusia dan antarkelompok.
3. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi
Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, Lembaga sosial adalah kumpulan dari berbagai cara berperilaku yang diakui oleh anggota masyarakat sebagai sarana untuk mengatur hubungan sosial.
4. W.G Sumner
W.G. Sumner mengungkapkan definisi lembaga sosial sebagai perbuatan, cita-cita, sikap, dan perlengkapan kebudayaan yang memiliki sikap ketat serta bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
5. Robert Mac Iver dan C.H. Page
Menurut Robert Mac Iver dan C.H. Page, lembaga sosial adalah prosedur atau tata cara yang sudah diciptakan untuk mengatur hubungan antarmanusia yang tergabung dalam kelompok masyarakat.
6. Koentjaraningrat
Koentraningrat menjelaskan bahwa lembaga sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada aktivitas.
7. Peter L. Berger
Menurut Peter L. Berger, lembaga sosial adalah suatu prosedur yang membuat perbuatan manusia ditekan oleh pola-pola tertentu.
8. Harry M. Johnson (1987)
Harry M. Johnson Mendefinisikan pranata sosial sebagai lembaga sosial, yaitu sistem norma untuk mencapai tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dipandang penting.
9. Harry M. Johnson
Menurut Harry M. Johnson Lembaga sosial adalah suatu kompleks atau sistem peraturan dan adat istiadat yang mempertahankan nilai – nilai penting.
10. Harry M. Johnson
Menurut Harry M. Johnson Lembaga sosial adalah tata cara kehidupan kelompok, yang apabila dilanggar akan dijatuhi berbagai derajat sanksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *